Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
1311846831_thumbs_600x200
fisio copy
gizi copy
keperawatan copy
kesmas copy

Beranda

Fakultas Ilmu Kesehatan

Kuliah Pakar Keperawatan "Implementasi UU Keperawatan 2014"

E-mail Print PDF

Program Studi Keperawatan mengadakan Kuliah Pakar “Kesiapan Perawat dalam Menghadapi Implementasi Undang-Undang Keperawatan 2014

Pelayanan keperawatan merupakan ujung tombak utama pelayanan kesehtan di Rumah Sakit dan merupakan cermin utama dar keberhasilan pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Selama ini kalangan profesi perawat dihantui dengan kondisi ketidakpastian hukum terkait dengan praktik keperawatan yang dilakukan. Undang-undang keperawatan akan menjadi payung hukum yang diakui negara, terutama mengenai wewenang, prosedur tindakan dan kompetensi perawat dalam menangani pasien.

Sosialisasi dalam rangka mempersiapkan implementasi Undang-Undang Keperawatan dirasa perlu dan harus dilakukan untuk menyukseskan amanah yang ada, sehingga tujuan dan cita-cita bisa tercapai. Menanggapi hal tersebut program studi keperawatan mengadakan acara kuliah pakar pada hari Kamis/ 13 Nopember 2014 dengan tema "Kesiapan Perawat Dalam Menghadapi Implementasi Undang-Undang Keperawatan 2014" dengan mengundang narasumber tunggal yaitu Dr. Prof. Dra. Elly Nurachmah, M.App.Sc, D.N.Sc (Guru Besar Fakultas Keperawatan UI) untuk memberikan penjelasan terkait implementasi Undang-Undang Keperawatan. Acara tersebut diikuti sebagian mahasiswa keperawatan dan juga tamu undangan dari perawat di Rumah Sakit Mitra.

 

Seminar “ Scientific Kerokan Jawa“

E-mail Print PDF

Program Studi Keperawatan Mengadakan Seminar “ Scientific Kerokan Jawa“

Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan mengadakan seminar “ Scientific Kerokan Jawa”. Kegiatan ini di selenggarakan pada tanggal 5 Januari 2015 bertempat di Ruang seminar FIK UMS dari Jam 8.00 sampai jam 12.00 WIB, dengan peserta adalah dosen-dosen di lingkungan FIK, dosen keperawatan, Gizi, Fisioterapi, Kesehatan Masyarakat. Sebagai nara sumber adalah beliau Prof.Dr.dr.Didik Tamtomo seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Beliau adaah salah satu tokoh kedokteran modern yang menggali “traditional medicib java” yaitu kerokan yang diteliti dengan cara modern atau di kenal dengan biomoleculer.

Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menggali keanekaragaman hayati dalam pengobatan  tradisional sebagai upaya mengembangkan keilmuan berdasarkan pendekatan siectifis sehingga hasil penelitian yang telah dilakukan mampu memberikan dasar ilmiah yang baik sehingga cara pengeobatan ini dapat diterima oleh semua kalangan dan tetap melestarikan warisan budaya jawa.

Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2015

E-mail Print PDF

SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa berprestasi untuk mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah tahun 2015. Maka Fakultas Ilmu Kesehatan mengadakan proses seleksi calon mahasiswa berprestasi di tingkat Fakultas Ilmu Kesehatan. Setelah berkas usulan mahasiswa diterima dari usulan Program Studi, selanjutnya dilakukan proses penilaian oleh Tim penilai. Proses seleksi dilakukan pada hari Jumat tanggal 2 Januari 2015 bertempat di Ruang sidang FIK UMS. Tim penilai di tunjuk oleh Dekan. Nama-nama mahasiswa adalah Fajar Putu Sastra dari Prodi DIII Fisioterapi, Irfan Fauzi dari Prodi Sarjana Keperawatan Klas Internasional, Ayu Khoirotul Umaroh Prodi Kesehatan Masyarakat, Almas Awanis dari Prodi Sarjana Fisioterapi.

Slide1 Slide2

Komponen penilain meliputi IP komulatif (20%), karya tulis ilmiah (30%), prestasi/kemampuan mahasiswa yang diunggulkan (25%), kemampuan bahasa inggris (25%). Setelah dilakukan proses penilaian dengan memperhatikan aspek penilaian diatas maka di putuskan bahwa calon mahasiswa berprestasi I adalah  Ayu Khoirotul Umaroh, mahasiswa berprestasi II Irfan Fauzi, mahasiswa berprestasi III Almas Awanis, mahasiswa berprestasi IV Fajar Putu Sastra. Karena mahsiswa yang dikirimkan hanya satu maka di putuskan mahasiswa yang akan mewakili Fakultas Ilmu Kesehatan dalam mahasiswa berprestasi di tingkat Universitas adalah Ayu Khoirotul Umaroh.

Semua mahasiswa yang telah mengikuti seleksi sebagai penghargaan akan diberikan insentif dan piagam penghargaan. Diharapkan ke depan mahasiswa lebih termotivasi untuk mengikuti even-even seperti ini untuk menambah pengalaman dan prestasi mahasiswa.



Page 5 of 42