Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
1311846831_thumbs_600x200
fisio copy
gizi copy
keperawatan copy
kesmas copy

Beranda

Fakultas Ilmu Kesehatan

Pengajian Rutin Bulanan Thema “ Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”

E-mail Print PDF

Pengajian Rutin Bulanan

Thema “ Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”

Pengajian rutin bulanan di selenggarakan pada hari Sabtu tanggal 26 April 2014 di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Kesehatan. Kegiatan pengajian ini merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh unit Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam, Lembaga Jaminan Mutu dan Security. Nara sumber adalah Al Ustadh Dr. Guntur Subiyanto beliau adalah Pimpinan PDM Kabupaten Sukoharjo dan sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Dalam kesempatan ini tema yang di bahas adala “ Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Islam”.

Dr.Guntur dalam ceramahnya menyampaikan bahwa agama Islam adalah agama yang sempurna karena mengatur segala aspek kehidupan termasuk bagaimana menjaga kesehatan. Beberapa yang di bahas adalah :

  1. Menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, memberantas sarang nyamuk dan berperilaku sehat.
  2. Keutamaan memberikan Air Susu Ibu. Islam mengajarkan agar ibu memberikan ASI nya kepada bayi sampai umur 2 tahun. Banyak sekali penelitian yang sudah menunjukkan manfaat dari ASI baik utnuk Ibu dan bayi.
  3. Manusia sebaiknya selalu memperhatikan makanannya. Memperhatikan makanannya diterjemahkan dengan, makan makanan yang halal, kemudian dapat di terjemahkan juga memperhatikan kandungan gisi dalam makanan. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak baik. Aturlah makannya dengan diet. Prinsipnya Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
Rokok. Meskipun dalam Al Quran tidak ditemukan kata rokok atau padanannya, namun hukum rokok telah di rumuskan dalam fatwa Muhammadiyah yang telah ditetapkan bahwa rokok adalah haram. Dasarnya adalah ayat : Janganlah kamu menjatuhkan dirimu dalam kenistaan.


Jurusan Keperawatan FIK UMS mengadakan kuliah pakar pembicara dari Thailand

E-mail Print PDF

Jurusan Keperawatan FIK UMS mengadakan kuliah pakar pembicara dari Thailand

 

Program Studi Ilmu Keperawatan menyelenggarakan Kuliah Pakar dengan Tema “Rumination and Mindfulness Practice: Their Relationship to Depressive.” Kegiatan ini merupkan salah satu implementasi kerjasama antara Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan School of Nursing Khon Kaen University  dari Thailand.

Acara kuliah pakar keperawatan ini telah terlaksana di Aula Pascasarjana Gedung Fakultas Psikologi Lantai 5. Kuliah pakar keperawatan ini terlaksana pada hari Rabu tanggal  02 April 2014, mulai pukul 10.00 s/d 13.00 WIB. Sebagai nara sumber yaitu DR. Chanokruthai (Khon Kaen University of Thailand). Peserta kuliah pakar ini diikuti 270 mahasiswa keperawatan. Terdiri dari Mahasiswa DIII keperawatan semester VI, mahasiswa SI keperawatan semester IV, VI dan VIII (Reguler dan Internasional). Acara berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun. Acara dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh Dr. Suwadji, M.Kes (Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan), penyampaian materi oleh Dr. Chanokruthai dan dilanjutkan diskusi.

Baitul Arqom Purnastudi untuk calon Alumni

E-mail Print PDF

Fakultas Ilmu Kesehatan Menyelenggarakan Baitul Arqom Purnastudi untuk calon Alumni

Fakultas Ilmu Kesehatan menyelenggarakan Baitul Arqom Purnastudi bagi calon alumni yang akan wisuda pada tanggal 3 Mei 2014. Kegiatan di ikuti sebanyak 92 calon alumni dari Jurusan Keperawatan 32 orang, Kesmas 26 orang, Gisi 16 orang dan Fisioterapi 13 orang. Pembekalan ini sudah dilakukan secara rutin sebagai bentuk komitmen pimpinan Fakultas Ilmu Kesehatan dalam pembekalan calon alumni. Kegiatan di selenggarakan pada hari Rabu tanggal 30 April 2014 bertempat di Auditorium Muh. Djazman UMS. Rangkaian kegiatan meliputi pembekalan profesi, sesi ini bertujuan untuk membekali atau tepatnya adalah penegasan kepada alumni sebagai calon anggota profesi Keperawatan, Gisi, Kesehatan Masyarakat dan Fisioterapi. Kegiatan ini bertujuan agar alumni siap berperan aktif dalam kegiatan keprofesian dan siap menjadi anggota profesi. Nara sumber dari profesi perawat adalah Wakil Ketua Persatuan Perawat Profesional Indonesia (PPNI) Jateng yaitu Bapak Mubin , S Kp, Sp Kj. Nara sumber profesi Gizi, Nara sumber profesi Fisioterapi dan nara sumber profesi Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan pembekalan dilanjutkan dengan materi Al Islam-Kemuhammadiyah. Sesi ini di koordinasi langsung di bawah Tim Lembaga Pengembangan Ilmu Keagaamaan (LPIK UMS). Tujuan dari sesi ini adalah menyiapkan mahasiswa menjadi calon alumni yang siap kembali ke masyarakat menjadi bagian dari anggota masyarakat. Di harapkan alumni mampu menjadi kader-kader Muhammadiyah yang siap melayani masyarakat dan menjadi pelopor dan suri teladan yang baik yang berkarakter Muhammadiyah. Materi yang disampaikan meliputi Kewajiban seorang muslim terhadap Masjid, Fiqh Dakwah, Urgensi Bermuhammadiyah, kewajiban seorang muslim terhadap Jenazah dan praktik perawatan Jenazah.

(Winarsih Nur A, S Kep, Ns, ETN, M Kep)

Page 5 of 35