Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
1311846831_thumbs_600x200
fisio copy
gizi copy
keperawatan copy
kesmas copy

Beranda

Fakultas Ilmu Kesehatan

Selamat Dosen Prodi Gizi telah menghasilkan karya Ilmiah Buku Ajar

E-mail Print PDF

Selamat Dosen Prodi Gizi telah menghasilkan karya Ilmiah Buku Ajar

Fakultas Ilmu Kesehatan UMS mengucapkan selamat kepada Bapak Rusdin Rauf, S.TP., MP. dosen Prodi Gizi yangtelah berhasil menghasilkan karya ilmiah dua buah Buku Ajar. Semoga buku ini dapat meningkatkan semangat mengajar dan belajar bagi dosen serta menginspirasi kepada dosen-dosen di lingkungan FIK UMS untuk mengikuti jejak pak Rusdin Rauf, S.TP., MP. 

Rusdin Rauf, S.TP., MP., lahir di Buton, 11 September 1978. Pendidikan sarjana S1 di Program Studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, UGM, diselesaikan pada tahun 2002. Pada tahun 2005, kembali melanjutkan studi S2 di Fakultas yang sama di UGM.

Sejak tahun 2009 sebagai staf Dosen di Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain aktif mengajar mata kuliah analisi zat gizi, penulis juga mengajar mata kuliah kimia dasar, teknologi pangan, pengawasan mutu makanan, dan sanitasi makanan.

Buku pertamanya, SANITASI PANGAN & HACCP, diterbitkan pada tahun 2013 oleh penerbit GRAHA ILMU Yogyakarta. Buku kedua, KIMIA PANGAN, telah mendapatkan persetujuan dari penerbit ANDI OFFSET untuk diterbitkan skala Nasional.

Sinopsis Buku Sanitasi Pangan & HACCP

Kontaminasi mikrobia merupakan penyebab utama keracunan makanan. Kontaminasi berpotensi terjadi pada setiap mata rantai penanganan pangan, mulai dari pemanenan/sembelih/tangkap, penyimpanan, pengolahan, pendistribusian bahkan hingga tahap konsumsi.

Buku ini membahas tentang berbagai faktor penyebab kontaminasi serta bagaimana cara pencegahannya dari setiap mata rantai penanganan pangan. Higiene personal dan kontaminasi silang sebagai penyebab utama keracunan makanan dibahas secara mendalam dan aplikatif. Penerapan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) dibahas dengan memberikan contoh-contoh yang dapat diaplikasikan pada rumah makan, katering dan instalasi gizi rumah sakit.

Buku ini sangat bermanfaat bagi mereka yang bergerak di bidang pangan dan gizi, baik mahasiswa teknologi pangan, mahasiswa gizi, ahli gizi, pengusaha penyedia layanan makanan dan semua pihak yang berminat pada masalah keamanan pangan.

Sinopsis Buku Kimia Pangan

Kimia pangan merupakan materi kuliah yang sangat menarik, karena berbagai fenomena pangan yang didasarkan pada sifat komponen penyusun kimianya dapat dijelaskan secara logis. Kimia pangan bukan hanya sekedar ilmu yang berisi struktur kimia, namun memiliki sentuhan seni yang bisa memuaskan dahaga akan keingintahuan tentang dunia pangan.

Buku ini membahas tentang sifat kimia dari komponen penyusun bahan makanan, baik komponen makro seperti air, karbohidrat, protein dan lemak, maupun komponen mikro, seperti vitamin, mineral dan bahan tambahan pangan. Fenomena komponen kimia makanan selama pengolahan dalam sistem pangan, dibahas dalam buku ini.

Buku Kimia Pangan ini disusun secara khusus untuk mahasiswa program studi Gizi, namun secara luas dapat digunakan sebagai materi diskusi bagi mahasiswa dari program studi lain yang mempelajari kimia pangan maupun kimia organik. Buku ini juga dapat dijadikan acuan bagi staf pengajar untuk memperkaya materi kuliah. Peneliti dan praktisi pangan dapat memanfaatkan buku ini sebagai acuan dalam riset dan pengembangan produk.

Last Updated on Thursday, 15 January 2015 04:13

Workshop Visi dan Misi Fakultas Ilmu Kesehatan

E-mail Print PDF

Workshop Visi dan Misi Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan mengadakan workshop visi dan misi FIK UMS. Workshop ini dilakukan untuk revisi visi dan misi baru menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Muhamamdiyah Surakarta. Tujuan workshop visi dan misi ini adalah memahami filosofi dasar perumusan visi misi, memperoleh rumusan Visi dan Misi Fakultas Ilmu Kesehatan, memperoleh rumusan Tujuan Fakultas Ilmu Kesehatan, memperoleh rumusan Sasaran Mutu FIK UMS, memperoleh Profil Lulusan FIK UMS. Workshop dilakukan pada Hari Rabu, tanggal 7 Januari 2015 jam 7.30 WIB sampai 15.00 WIB. Bertempat di Ruang seminar Fakultas Ilmu Kesehatan UMS. Peserta Workshop adalah anggota senat FIK dan Ketua Program Studi. Nara sumber adalah Prof.DR.Kumaid, beliau merupakan tim task force Kurikulum Universitas Muhammadiyah Surakarta.

workvisi1 workvisi2

Workshop diawali dengan sambutan Dekan FIK UMS dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh nara sumber yaitu Prof.DR. Kumaidi. Dilanjutkan dengan diskusi. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan workshop perumusan Visi Misi FIK, Tujuan, Sasaran dan Profil lulusan FIK UMS, dan rencana tindak lanjut. Acara di tutup oleh Dekan FIK UMS.

Fakultas Memberikan Piagam Penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi

E-mail Print PDF

Fakultas Memberikan Piagam Penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi

mhspres1a mhspres2

Fakultas Ilmu Kesehatan memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi. Moment ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Januari 2015 di ruang sidang Fakultas Ilmu Kesehatan, yang disaksikan oleh Dekanat dan Ketua Program Studi Keperawatan, Fisoterapi, Kesehatan Masyarakat, dan Gizi. Penghargaan di berikan oleh Dekan FIK berupa Piagam penghargaan dan uang pembinaan. Untuk selanjutnya mahasiswa yang terbaik atau Juara I sekaligus menjadi wakil calon mahasiswa berprestasi untuk mengikuti seleksi MAWAPRES di tingkat Universitas. Mahasiswa tersebut adalah Ayu Khoirotul Umaroh dari Program Studi Kesejahatan Masyarakat.


Page 6 of 44