Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
1311846831_thumbs_600x200
fisio copy
gizi copy
keperawatan copy
kesmas copy

Beranda

Fakultas Ilmu Kesehatan

Tim Fisioterapi juara Olimpiade Nasional Pediatri

E-mail Print PDF

Tim Fisioterapi UMS meraih juara 2 dan 3 Olimpiade Nasional Pediatri

fisjuara1 fisjuara2

Dalam rangka meningkatkan kemampuan serta semangat kompetisi antar mahasiswa maka acara dalam bentuk olimpiade sanagat penting untuk diadakan. Baru-baru ini telah diadakan olimpiade tingkat nasional yang bertempat di Kampus Terpadu Stikes ‘Aisiyah Yogyakarta. Olimpiade digelar dan diikuti oleh 24 tim yang berasal dari 11 institusi pendidikan penyelenggara program fisioterapi di Indonesia.

Tema yang diambil dalam olimpiade nasional ini adalah Pediatri dengan mengkhususkan pada kasus Cerebral palsy (CP). Cerebral palsy merupakan kondisi abnormalitas tonus  akibat permasalahan pada otak yang muncul baik karena faktor sebelum maupun setelah anak dilahirkan. Kondisi CP dapat mengganggu perkembangan motorik  sehingga mempengaruhi kemampuan fungsional.

Dalam olimpiade ini Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirim 3 tim yang terdiri dari tim Alpha Maxi, Alpha Mini, dan Alpha Plus dimana setiap tim beranggotakan campuran mahasiswa semester 3 dan 5. Olimpiade berjalan dalam 3 babak yang terdiri dari babak penyisihan, babak presentasi kasus, serta babak cepat-tepat. Pada akhirnya tim UMS berhasil meraih 2 piala yaitu sebagai juara ke-2 yang diraih tim Alpha Mini dan juara ke-3 yang diraih tim Alpha Maxi. Selain itu tim UMS juga berhasil membawa pulang Trophy Bupati Sleman dan Trophy Direktur Stikes ‘Aisiyah. Ke depannya semoga para mahasiswa khususnya Fisioterapi UMS dapat lebih meningkatkan pemahaman keilmuan dan memberikan prestasi yang membanggakan bagi universitas.

Majulah dunia pendidikan kesehatan Indonesia!!!


Keperwatan Khon Ken University Thailand

E-mail Print PDF

Program Studi Ilmu Keperwatan FIK UMS melakukan Staff Exchange dengan

Khon Ken University Thailand

kkuums1 kkuums2

Program Studi Ilmu Keperawatan menjalin kerjasama dengan Khon Khen University Thailand  sejak tahun 2012. Berbagai kegiatan telah dilakukan seperti kuliah pakar, Joint research, student exchange dan terakhir staff exchange. Staff exchange ini dilakukan selama dua minggu dengan Khon Khen University mengirimkan staffnya ke Program Studi Ilmu Keperawatan  dua orang yaitu Miss Kulnasorn and Miss Benjawan Chumchatree dari Public Relation dan pustakawan Faculty of Nursing Khon Ken University. Kedatangan di sambut oleh Dekan FIK beserta jajarannya  serta kepala Humas UMS dan Kepala Perpustakaan UMS. Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan kesepakatan kegiatan yang akan dilakukan bersama.

Selama dua minggu staff dari Khon Khen University berbagai pengalaman dan budaya di bagian public relation UMS dan juga perpustakaan UMS. Setelah dua minggu kegiatan diakhiri dengan penyajian hasil oleh staff dari Khon Khen dan penyampaian kesan dan pesan masing-masing pihak. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi staff baik bagi UMS maupun universitas mitra untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dan budaya. Harapan ke depan staff exchange dapat dilakukan untuk bidang yang lain.

Program Mentoring Al Islam dan Kemuhammadiyahan

E-mail Print PDF

Program Mentoring Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai Model penanaman nilai-nilai KeIslaman dan Kemuhammadiyan bagi mahasiswa Universitas Muhmmadiyah Surakarta

ment2 ment2

Profil lulusan FIK UMS diharapkan memiliki pribadi muslim, beraqidah lurus, beribadah benar dan berahklak  mulia. Memahami hubungan antara Islam dengan disiplin ilmu serta menerapkan di profesinya masing-masing. Untuk merealisasikan profil lulusan ini maka berbagai program dilakukan baik di dalam kelas maupun dliluar kelas. Program mentoring menjadi kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan pada setiap hari Sabtu. Untuk kelancaran program mentoring ini Wakil Dekan I, Wakil Dekan III dan Kaprodi turut memonitor pelaksanaan mentoring dan memberikan masukan untuk perbaikan.

Kegiatan dalam mentoring meliputi kegiatan tadarus dan bimbingan baca Al ,quran bagi yang belum bisa, mengkaji al quran dan hadist, hafalan surat. Mentor berasal dari kakak kelas yang telah dilakukan rekruitmen dan pembinaan untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai pementor.

Page 6 of 55