Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
1311846831_thumbs_600x200
fisio copy
gizi copy
keperawatan copy
kesmas copy

Beranda

Fakultas Ilmu Kesehatan

raker rpf dan rpps 2017

E-mail Print PDF

Fakultas Ilmu Kesehatan Menyelenggarakan Rapat Kerja Rencana Pengembangan Fakultas (RPF) dan RPPS (rencana Pengembangan Program Studi)

raker2017a raker2017b

Rapat kerja tahunan merupakan kegiatan rutin yang sangat penting dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Fakultas Ilmu Kesehatan. Fakultas Ilmu Kesehatan UMS sebagai penyelenggaraan dan pengelolaan Fakultas Ilmu Kesehatan. Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai penyelenggara pendidikan tinggi tenaga kesehatan : Keperawatan, Fisioterapi, Gizi dan Kesehatan Masyarakat, dituntut untuk mampu menghadapi perubahan dari pandangan kehidupan masyarakat lokal dan masyarakat Global, kondisi internal FIK UMS saat ini masih perlu pengembangan kegiatan yang lebih meningkatkan kualitas dan sustainable. Kegiatan terutama untuk meningkatkan mutu lulusan sehingga alumni mampu bersaing di dunia global dan mendapat pengakuan yang terbaik dari bandan akreditasi Nasional Indonesia maupun di dunia Internasional.

Rapat kerja ini bertujuan untuk :

  1. Tersusunnya evaluasi diri Fakultas dan Program Studi  yang dilakukan empat tahun sekali dan yang menunjukkan kesenjangan kondisi ideal yang dituju dengan yang ada saat ini.
  2. Tersusunnya RENSTRA Fakultas dan Prodi dan memiliki dokumen RENSTRA tahun 2017 yang menjadi panduan bagi berjalannya program Fakultas dan Program Studi yang berbasis aktifitas dan mengatasi akar masalah.

Peserta Rapat Kerja Tahun FIK UMS tahun 2017 adalah  :

  1. Semua Dekanat (Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III)
  2. Semua Kaprodi di FIK (Kaprodi Fisioterapi, Gizi, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat)
  3. Semua Sekprodi (4 sekprodi reguler dan 1 sekprodi klas internasional keperawatan)
  4. Semua Kalab (7 orang)

Kegiatan Pelatihan dilakukan pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2016 dari jam 08.30- 15.00 WIB. Tempat kegiatan pemberian materi di Ruang Seminar FIK UMS.

Life Skill mutu mahasiwa

E-mail Print PDF

Mata Kuliah ” Life Skill untuk meningkatkan mutu mahasiwa” di Fakultas Ilmu Kesehatan UMS

Setelah melalui evaluasi dan analisis terhadap mahasiwa dan  lulusan UMS, didapatkan fenomena gerakan ideologi kiri di kalangan mahasiswa UMS, fenomena lulusan UMS yang kurang kompetitif , kurangnya semangat/motivasi berprestasi mahasiswa UMS .

Sehingga diperlukan metode untuk mengatasi permasalah tersebut diatas dengan menyelengarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan :

  1. Kesadaran , semangat dan kemampuan berkebangsaan
  2. Kemampuan dan Karakter kepemimpinan
  3. Kemampuan dan Karakter wirausaha
  4. Usaha Pengembangan pribadi  berdasarkan nilai-nilai Islam

Strategi untuk mencapai tujuan tersebut maka Universitas melakukan beberapa langkah yaitu :

  1. Life Skill  adalah MK umum wajib diambil oleh seluruh mahasiswa S1 UMS
  2. Penyelenggaraan kuliah LS dikoordinasikan oleh SKK, bekerjasama dengan BAA dan Prodi
  3. Dalam struktur kurikulum, mata kuliah LS ditempatkan di semester  6 atau 7, atau 8, menyesuaikan Prodi
  4. SKS mata kuliah LS adalah 2 SKS
  5. Evaluasi LS menggunakan sistem portofolio: penghtungan kredit point kegiatan/prestasi mahasiswa sejak mahasiswa pertama kali masuk sebagai mahasiswa baru sampai akhir  semester pengambilan MK LS dalam KRS.
  6. Disediakan sistem aplikasi online untuk kepentingan evaluasi/penilaian LS

Ketentuan ini akan dipberlakukan bagi mahasiswa pada tahun  2015 di seluruh Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Program Perbaikan Nilai REMIDI

E-mail Print PDF

Fakultas Ilmu Kesehatan Mengadakan Program Perbaikan Nilai REMIDI

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan ujian perbaikan nilai dan semester sela dengan harapan dapat memberikan fasilitas dalam memperlancar penyelesaian studi mahasiswa dengan tetap memperhatikan dan mempertahankan kualitas akademik. Prinsip pelaksanaan ujian perbaikan nilai dan semester sela adalah pelaksanaan evaluasi belajar mahasiswa (ujian) ulang yang dilakukan setelah jadwal ujian reguler yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat untuk memperbaiki nilainya.

Mata kuliah yang di remidikan dan semester sela adalah mata kuliah teori bukan mata kuliah praktikum, praktek lahan, atau praktek lapang. Prosedur pelaksanaan remidiasi mengacu pada aturan universitas tentang Prosedur Proses Perkuliahan dengan Kode Dokumen PPK-UMS/39. Ketentuan penyelenggaraan Ujian remidi/ujian perbaikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMS No.208/II/2015 dan Surat edaran WR I No.02/A.2-II/SR/I/2016 tentang prosedur dan pelaksanaan Semester Sela, Remidi dan PPK. Penyelenggaraannya  setelah pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap 2015/2016.

Tujuan pelaksanaan remidiasi adalah:

  1. Memfasilitasi mahasiswa untuk memperbaiki indeks prestasi tanpa menambah lama studi dengan tetap mengutamakan kualitas akademik.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh ujian kembali mata kuliah yang belum lulus pada semester yang berjalan sehingga mahasiswa dapat meraih predikat lulusan yang lebih baik.

 

No.

Tanggal Kegiatan

Nama Kegiatan

1

18-30 Juli 2016

Sosialisasi Kegiatan Remidi ke mahasiswa

2

1-6 Agustus 2016

KRS semester Remidi

3

1-13 Agustus 2016

Pembayaran semester Remidi

4

8-10 Agustus 2016

Penyerahan soal ke koordinator review

5

11-13 Agustus 2016

Review

6

15-27 Agustus 2016

Ujian Remidi

7

 29-31 September 2016

Input Nilai Online Hasil Remidi

8

2 September 2016

Yudisium


Last Updated on Tuesday, 19 July 2016 03:11

Page 10 of 69