Laboratorium Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

Laboratorium Audio Visual

Laboratorium Audio Visual ini bersifat kedap suara dengan fasilitas AC, TV LED, LCD dan proyektor serta cermin yang memenuhi salah satu dinding. Fasilitas yang dimiliki laboratorium ini adalah kamera DXLR, Sony full HD camcorder, tripod, digital recorder dan lainnya.

 

 

 

Laboratorium Biomedik

Laboratorium Biomedik memiliki berbagai macam peralatan disediakan guna kepentingan pembelajaran praktik serta penelitian. Alat-alat yang terdapat pada laboratorium ini adalah mikroskop binokuler, autoclave, oven, incubator, Neraca digital, colony counter, termometer, jarum inokulum, cawan petri, gelas ukur dsb.

 

 

 

Laboratorium Epidemologi

Laboratorium Epidemologi memiliki fasilitas seperti mikroskop cahaya, stereo, berbagai awetan Arthropoda, Dissection kit, Entomologi kit, kandang rearing nyamuk, ovitrap, perangkap kecoa, tikus, aspirator, tabung reaksi, stopwatch dan berbagai senyawa kimia pelengkap. Laboratorium ini juga ditunjang dengan AC, LCD, laya proyektor serta sarana kebersihan yang memadai.

 

 

 

Laboratorium Kimia

Laboratorium Kimia dilengkapi dengan berbagai macam peralatan yang memadai seperti  alat gelas, magnetik stirer, oven digital, timbangan analitik, calorimeter dan spektrofotometer UV-Vis, refrigerator dan freezer, Auto Distilling Apparatus, Inkubator BOD, Centrifuge, Differential Thermal Analysis, Ion meter, Thermal Gravimetric Analysis, Turbidimeter, pH meter, Spektrofotometer UV-Vis, Analytical Balance, Analytical Mills, elektroforesis dan lain lain. Terdapat pula LCD proyektor yang permanen, Air Conditioner (AC), serta peralatan penunjang keselamatan.

 

 

Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja(K3)

Laboratorium K3 deilengkapi dengan berbagai macam peralatan seperti Audiometer , Lakassidaya, Sound Level Meter, Quest Time, Spirometer, Vibration Meter, Air Dust Sampler,Lux Meter .Selain itu juga memiliki fasilias seperti laboratorium yang lain seperti ruang yang luas dan dilengkapi dengan air Conditioner (AC), LCD Proyektor yang sudah terpasang secara permanen.

 

 

 

Laboratorium Kesehatan Lingkungan

Laboratorium Kesehatan Lingkungan dilengkapi berbagai alat yang dapat digunakan guna proses pembelajaran dan penelitian baik di dalam ruangan maupun kegiatan di lapangan  seperti : Cholinesterase kit, Timbangan analitik, botol pengambil sampel air, Salinometer, Haemoglobin meter dan lainnya.

 

 

 

Laboratorium Edukasi dan Diagnosis Gizi

Laboratorium Edukasi dan Diagnosis Gizi menfasilitasi proses belajar mengajar yang ditujukan untuk mencapai kompetensi mahasiswa dalam pengukuran status gizi secara antropometri serta mendesain, membuat dan menggunakan media edukasi untuk aktivitas penyuluhan dan konseling gizi. Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan antropometri seperti timbangan berat badan, pita LILA, microtoicecalliperbabyboard, dll. serta media dan software konseling gizi seperti program nutriclinnutrisurvey, dan berbagai leaflet maupun media penyuluhan lain seperti poster, fliptchartfanel graph, dll.

 

 

Laboratorium Analisis Mutu Pangan

Laboratorium Analisis Mutu Pangan merupakan laboratorium terpadu yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMS dan digunakan bersama oleh semua program studi yang ada di FIK.

 

 

 

 

Laboratorium Analisis Penyelenggaraan Makanan

Laboratorium Penyelenggaraan Makanan menfasilitasi poses belajar mengajar guna menunjang pencapaian kompetensi mahasiswa di bidang penyelenggaraan makanan individu/institusi untuk kebutuhan normal maupun dalam keadaan sakit/memerlukan diet khusus.

 

 

 

Laboratorium Ilmu Pangan

Laboratorium Ilmu Pangan menfasilitasi kegiatan praktikum Mata Kuliah Ilmu Bahan Makanan, Ilmu Teknologi Pangan, dan Kehalalan Pangan.

 

 

 

 

Laboratorium Edukasi Gizi

Laboratorium Edukasi Gizi menfasilitasi proses belajar mengajar yang ditujukan untuk mencapai kompetensi mahasiswa mendesain membuat dan menggunakan media edukasi untuk aktivitas penyuluhan  gizi. Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan pendukung penyuluhan gizi seperti berbagai leaflet maupun media penyuluhan lain seperti poster, fliptchartfanel graph, dll.

 

 

 

 

Laboratorium Mikrobiology

Laboratorium Mikrobiologi merupakan laboratorium terpadu yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMS dan digunakan bersama oleh semua program studi yang ada di FIK. Laboratorium Mikrobiologi menfasilitasi praktikum mata kuliah biologi dan mikrobiologi.

 

 

 

 

Laboratorium Gymnasium

Ruangan yang berada di lantai 1 gedung Fakultas ilmu kesehatan ini merupakan tempat yang dapat dipergunakan untuk beberapa matakuliah komprehensif fisioterapi, diantaranya Pediatri, dan Olahraga. Selain untuk perkuliahan laboratorium ini sangat menunjang untuk penelitian biomekanik, hal tersebut dikarekan terdapat electro myograph yang berfungsi untuk membaca aktifasi otot responden penelitian.

 

 

 

 

 

Laboratorium Terapi Latihan

Laboratorium terapi latihan diharapkan dapat mengoptimalkan pembelajran demi meningkatkan skill fisioterapi pada mahasiswa. Ruang terapi latihan sangat luas dengan kapasitas hingga 30 mahasiswa yang dilengkapi 10 bed untuk terapi beberapa teknik fisioterapi.

 

 

 

 

 

Laboratorium Terapi Manipulasi

Laboratorium terapi manipulasi adalah ruangan yang diperuntukan untuk mahasiswa mempelajari gerakan-gerakan  pasif yang digerakkan dengan tiba- tiba, amplitude kecil dan kecepatan yang tinggi, sehingga pasien tidak mampu menghentikan gerakan yang terjadi. Selain dilengkapi dengan bed, ruangan ini juga difasilitasi dengan peralatan manipulasi yang dapat menunjang kemampuan mahasiswa dalam memberikan beberapa opsi modalitas.

 

 

 

 

 

Laboratorium Pengegipan

 

 

 

 

 

 

Laboratorium Elektroterapi

 

 

 

 

 

Laboratorium Kompre Pediatri

 

 

 

 

 

 

Mini Klinik Fisioterapi

 

 

 

 

 

Laboratorium Keperawatan Herbal

Laboratorium keperawatan herbal merupakan taman yang berisi berbagai anaman herbal seperti jahe, kunyit, daun kelor, daun kumis kucing, dll.

 

 

 

Mini Hospital

Mini hospital UMS didesain sesuai keadaan di rumah sakit. Nurse station di mini hospital UMS berfungsi sebagai ruang kerja laboran dan tempat administrasi semua kegiatan yang berkaitan dengan laboratorium seperti misalnya, proses peminjaman dan pengembalian alat.

 

 

 

 

 

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer FIK-UMS memiliki 25 komputer yang mempunyai spesifikasi mumpuni dan dilengkapi dengan fasilitas internet. Laboratorium komputer terletak di gedung E lt. 2, selain fasilitas internet laboratorium komputer mempunyai LCD proyektor permanen dan Air Conditioner (AC).